02 May 2008

Indonesia temani Philippina atau sebaliknya ?

Bursa saham di bulan april masih belum memuaskan untuk IHSG, karena Indonesia masih termasuk negara yang mengalami penurunan selama bulan tersebut. Selain Indonesia Philippina juga tercatat menyusul Indonesia mengalami perlemahan di bursa sahamnya.

Coba kita lihat grafik berikut:

SET=Thailand PCOMP=Philippina KLCI=Malaysia JCI=Indonesia STI=Singapura
Lagi-lagi Singapura melesat...

Ada apa sih sebenarnya dengan Singapura? ... selain Mata uangnya yang terus menguat,.. bursa sahamnya (STI) juga naik...? kayaknya para peneliti ekonomi Indonesia harus berusaha menggali pola ketahanan ekonomi dari negeri singa ini.

Bagaimana dengan Bursa Saham Utama Dunia ?

Semua Bursa Utama Dunia selama bulan April 2008 mengalami kenaikan. Ada yang kenaikannya biasa, ada juga yang melesat bak meteor yakni HSI (Hongkong). IHSG (Indonesia - JCI) kalau dibandingkan dengan mereka-mereka ini ya kelihatan sangat tertatih-tatih mengikuti langkahnya..

Coba lihat nih...

Di bulan April 2008 ini, JCI sepertinya sangat kewalahan mengikuti pergerakan bursa saham utama dunia.

Hong Kong memang Moy...

Dari grafik di atas terlihat jelas bahwa HSI sempat saling mengejar dengan NKY (Jepang), namun pada detik-detik terakhir melesat meninggalkan "temannya" tersebut. Untuk DJIA (USA) terlihat stabil atau mungkin lebih tepatnya sedang mengalami kejenuhan, dibandingkan dengan sahabatnya FTSE (UK).

IHSG Indonesia Bangun dong...

Di minggu terakhir bulan April, IHSG sepertinya akan bangun dari tidurnya,... apakah di bulan Mei 2008 ini kembali menunjukkan taringnya? .. Sebagai warga Indonesia sepatutnya harus optimis dengan hal tersebut...

2 comments:

Anonymous said...

S-01/MAA/2008
Jakarta, 5 Mei 2008

Sehubungan dengan postingan Saudara di blog Saudara sendiri tertanggal 02 Mei 2008 dengan judul di atas, kami sampaikan suatu koreksian yang sebenarnya tidak menyentuh substansi dan lebih pada penggunaan ejaan sebuah nama dimana dapat mengakibatkan kekurangpuasan bagi beberapa kalangan ekonom. Inipun jika Bapak tidak berpendapatan laen:

Menurut id.wikipedia.org/wiki/Filipina, ejaan yang lebih mantab adalah Filipina,
bukan Philippina...

Inipun diperkuat oleh jv.wikipedia.org/wiki/Filipina

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

agus said...

Kan sesama negara ASEAN, jadi harus kompak, tapi dalam hal kebaikan, misalnya indeksnya naek terus hehehe