02 May 2008

Rupiah Masih menggemaskan

Selama Bulan April 2008 pergerakan Nilai Rupiah bisa dikatakan stabil, walaupun secara keseluruhan trendnya masih menurun.

Menggemaskan

Coba mari kita lihat grafik berikut ini:


Kita asumsikan bahwa start perhitungan dimulai tanggal 1 April. Dari grafis diatas bisa kita lihat bahwa Nilai Rupiah terlihat paling stabil, namun masih bergerak melemah. Hal ini kemungkinan masih besarnya ketergantungan Rupiah terhadap USD mengakibatkan kinerja perbaikan ekonomi mengalami hambatan.

Singapura Kok bisa ya?

Kalau kita lihat Singapura, kok mereka bisa tetap mempertahankan trend naik ya... padahal mata uang yang lainya trend-nya menurun semua. Ada sih seperti Euro yang sempat menguat, namun di akhir bulan langsung terjun payung.

Jepang Kelabakan

Seperti halnya Euro, Yen Jepang yang pada awal bulan menguat, akhirnya ikut terjun payung juga, malahan lebih parah dari Euro. Yen Jepang benar-benar terpuruk di bulan april. Kemungkinan terbesar karena akibat naiknya harga minyak dunia, karena jepang merupakan salah satu negara maju importir minyak yang besar.

Meskipun demikian, mengapa Yen Jepang di akhir bulan pergerakannya masih melemahpadahal harga minyak sudah mulai bergerak turun? Biarlah jepang segera memperbaiki kebijakan ekonominya.

1 comments:

fantasyforever said...

Memang kao kita melihat rupiah itu sungguh menggemaskan seperti gambar di atas. Heheheh. Well, tapi kalo diliat berarti masih mending Indo yang bisa stabil ketimbang Jepang yang kelabakan gitu ya boss. ^^